-->

Rabu, 18 September 2024

Gempa Bumi di Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak dan Korban Dievakuasi ke RS

Gempa Bumi di Kabupaten Bandung, Sejumlah Bangunan Rusak dan Korban Dievakuasi ke RS

INFONAS.ID - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung pada 18 September 2024. Gempa ini dirasakan kuat di wilayah Bandung Raya, termasuk Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Garut, selama 3-5 detik.

Menurut data BMKG guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Majalaya, Banjaran, Lembang, Parompong, Kab. Bandung Barat, Baleendah, dan Garut yang menyebabkan kepanikan warga.

Dan ada beberapa warga yang mengalami luka serius terpaksa harus dievakuasi ke RS (Rumah Sakit), untuk mendapatkan perawatan.

Selain menyebabkan korban luka-luka, gempa di Kabupaten Bandung juga merusak sejumlah fasilitas umum, seperti fasilitas kesehatan, kantor polisi, dan Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Kertasari. 

Kerusakan dilaporkan di Desa Cihawuk dan Desa Cibereum, di mana beberapa bangunan mengalami kerusakan cukup parah. Kemudian Di Kabupaten Garut, gempa bumi ini berdampak pada 7 unit rumah dan 1 unit pasdik.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat masih terus melakukan asesmen terhadap kerusakan yang terjadi, serta memantau perkembangan jumlah korban. 

Hingga kini, belum ada laporan korban jiwa, dan situasi terus dipantau untuk memberikan bantuan lebih lanjut. 

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, mengikuti arahan dari petugas BPBD setempat, tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, dan jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.(FT)




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 INFONAS.ID | Bukan Sekedar Berita | All Right Reserved